10 Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Posted on

WongWadon.com – Hayooo… anda sedang was-was sehabis berhubungan intim tanpa kondom? Yang mana nih? Lagi kuatir atau malah memang¬†berharap segera hamil? Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan setelah berhubungan yang biasanya muncul beberapa minggu setelahnya.

Image by healthtap.com
Image by healthtap.com

Tanda-tanda ini bisa saja muncul secara bersamaan, tetapi bisa juga hanya salah satu atau beberapa saja tanda. Dengan mengetahui tanda kehamilan ini, anda akan lebih mudah menentukan persiapan berikutnya untuk menyambut kehadiran si jabang bayi.

Lingerie Online Murah Indonesia

Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Terlambat Menstruasi

Meskipun keterlamabatan mendapat menstruasi bukan tentu berarti hamil, namun menstruasi  yang terlambat atau tidak mendapat mestruasi sama sekali merupakan salah satu pertanda adanya kemungkinan hamil.

Menstruasi terlambat mungkin juga disebabkan oleh hal lain seperti kelelahan, efek mengkonsumsi pil KB, menyusui , stres, atau hal lainnya. Jika Anda tidak kunjung menstruasi sesudah berhubungan intim, segera cek dengan test pack atau mendatangi dokter kandungan atau bidan kepercayaan anda untk memastikannya.

Munculnya Flek (Spotting) atau Pendarahan

Biasanya dalam 6 sampai 12 hari setelah berhubungan intim, embrio yang berhasil sampai pada rahim akan melekatkan diri pada dinding rahim. Saat embrio melekat akan memunculkan efek berupa pendarahan atau flek yang terkadang diiringi dengan kram perut.

Meski demikian, pendarahan ini tidak sama saat wanita menstruasi. Pendarahan ini jauh lebih sedikit, lebih singkat dan jauh lebih ringan. Namun, lagi-lagi terjadinya pendarahan atau munculnya flek belum tentu menjadi penentu kehamilan.

Payudara Berubah

Begitu pembuahan berhasil, akan muncul tanda pada bentuk payudara. Bentuk payudara umumnya akan membesar, lebih lunak, serta lebih sensitif. Sensitivitas ini dapat kita ketahui dengan cara menyentuhnya. Biasanya akan terasa sakit ketika disentuh. Selain itu terjadi perubahan warna kulit daerah sekitar puting (aerola). Kulit akan berwarna terlihat lebih gelap dan semakin jelas batasannya. Jika anda mendapati tanda semacam ini, anda perlu mendatangi bidan karena biasanya tanda ini cukup akurat.

Ngidam

Ngidam merupakan hal yang hanya terjadi pada wanita yang tengah hamil walaupun tidak semua wanita hamil merasakannya. Apakah anda akhir-akhir ini sering ingin makan sesuatu yang tidak seperti biasa dan perasaan ini sangat kuat?

Beberapa pasangan menganggap fase ini merupakan masa yang menyenangkan bagi istri dan masa yang menyibukkan bagi suami. Terkadang bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan istri. Bayangkan jika istri sedang ngidam makan buah mangga muda padahal bukan musim mangga. Nah lho!

Morning Sickness

Morning sickness atau yang lebih dikenal dengan mual dan muntah merupakan perasaan tidak nyaman dari dalam perut wanita yang tengah hamil pada awal trimester pertama.

Disebut morning sickness karena biasanya rasa mual dan ingin muntah ini terjadi saat pagi hari. walau tidak menutup kemungkinan morning sickness ini juga terjadi pada siang dan malam hari. Mual dan muntah terjadi karena peningkatan produksi hormon hCG.

Namun, gejala ini tidak dialami oleh semua wanita yang sedang hamil. Beberapa wanita segar bugar sehingga tidak mengira bahwa mereka sedang mengandung karena tidak mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah memang mirip dengan gejala masuk angin sehingga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kelelahan, Sakit Punggung dan Sakit Kepala

Kelelahan pada masa kehamilan sering terjadi ketika awal trimester pertama. Ibu hamil mudah merasa lelah karena peningkatan produksi hormon progesteron yang memperlambat berjalannya proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa hal yang mengiringi kelelahan ini adalah nyeri punggung dan sakit kepala secara bersamaan.

Rasa sakit ini akan berkurang saat kehamilan memasuki bulan keempat. Saat anda mengalami kelelahan, sangat disarankan untuk mengurangi aktivitas. Jangan memaksakan aktivitas yang terlalu padat selama hamil muda karena sangat berbahaya bagi ibu dan janin.

Sering Buang Air Kecil

Saat anda mulai hami, kandung kemih mendapat tekanan dari rahim. Oleh sebab itu, wanita hamil sering buang air kecil. Semakin besar kandungan, semakin tinggi juga intensitas buang air kecilnya. Hal ini sangat wajar sehingga jangan sampai ditahan.

Penciuman Lebih Tajam

Wanita yang sedang mengandung biasanya penciumannya akan lebih sensitif. Perubahan hormonal menjadikan anda lebih bisa mncium bau-bau yang sebelumnya tidak bisa anda lakukan. Ketajaman penciuman inilah yang terkadang membuat anda merasa mual dan ingin muntah saat tiba-tiba mencium bau yang kurang sedap padahal jaraknya cukup jauh dari tempat anda berada.

Perut Kembung

Jika belakangan ini anda sering mengalami gejalan perut kembung (bloated), jangan langsung mengonsumsi obat untuk mengatasinya. Bisa jadi perut kembung yang anda alami merupakan perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan. Tidak ada salahnya memeriksakan diri sebelum anda meminum obat. Ingat bahwa beberapa obat tidak bersahabat dengan kesehatan janin.

Kenaikan suhu tubuh

Salah satu tanda awal kehamilan yang terakhir adalah naiknya suhu tubuh dari suhu basal anda. Suhu basal adalah suhu ketika anda baru bangun dari tidur di pagi hari. Kenaikan ini akan terus berlansung selama anda mengandung. Oleh sebab itu, wanita hamil memiliki suhu badan yang lebih hangat dibanding dalam keadaan normal.

Saat anda mendapati beberapa tanda awal kehamilan setelah berhubungan di atas, sebaiknya segera lakukan tes di pusat kesehatan terdekat untuk memastikannya. Jangan anggap remeh perubahan yang terjadi pada tubuh anda karena bisa jadi semua itu adalah pertanda bahwa anda sedang mengandung.

 

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares
banner5nov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *