Bolehkah Berhubungan Saat Haid (Tinjauan Medis)?

Posted on

Mengingat Indonesia adalah Negara dengan beragam agama, maka untuk pertanyaan bolehkah berhubungan saat haid, kali ini akan ditinjau dari segi medis. Nah, di sini kita akan mempelajari mengenai baik buruknya berhubungan badan dengan pasangan ketika haid atau menstruasi.

Bolehkah Berhubungan Saat Haid Tinjauan Medis

Lingerie Online Murah Indonesia

Bolehkah Berhubungan Saat Haid: Tinjauan Medis

Rentan Infeksi

Pada keadaan normal, vagina dilumuri lendir yang berfungsi sebagai pelicin sehingga pada saat penis melakukan penetrasi dinding vagina tidak terluka. Nah pada saat haid, lendir ini digantikan oleh darah sehingga ketika terjadi luka akan lebih mudah terinfeksi. Mengapa mudah terinfeksi? Darah merupakan tempat yang sangat disukai oleh bakteri dan virus. Oleh karena itu, bakteri pada darah tersebut dengan mudah masuk melalui jaringan yang terbuka. Beberapa jenis infeksi yang mungkin akan diderita antara lain infeksi dinding rahim, infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infeksi prostat, dan infeksi lainnya.

Rentan tertular penyakit

Berhubungan seksual saat haid meningkatkan risiko penularan penyakit kelamin dan penyakit lainnya. Darah menstruasi merupakan media penghantar penyakit yang sangat membahayakan. Terlebih lagi pada saat haid dinding vagina akan membuka lebih lebar sehingga penyakit bisa saja mencapai rongga panggul. Jika pasangan mengidap penyakit seksual, tentu ini bisa sangat membahayakan karena peluang tertular akan meningkat.

Darah haid berbalik

Ketika haid, darah yang berasal dari rahim keluar melalui vagina. Apa yang akan terjadi apabila perjalanan darah haid menuju keluar terhambat oleh gerakan penetrasi Mr. P? Darah yang seharusnya keluar justru akan berbalik dan masuk kembali ke dalam. Masalah bisa fatal jika luka terjadi karena akan mudah terinfeksi darah yang mengandung kuman.

Belum lagi ketika menstruasi pembuluh darah di permukaan rahim terbuka dengan lebar seiring terbukanya rongga panggul. Hal ini meningkatkan risiko penyebaran kuman melalui pembuluh darah tersebut ke seluruh tubuh.

Timbul endometriosis

Endometriosis merupakan jaringan dinding yang tumbuh di luar dinding rahim. Hal ini terjadi karena pada saat haid darah kembali ke dalam sehingga jaringan rahim (endomitrium) yang luruh tumbuh menjadi jaringan yang baru. Jika hal ini terjadi, wanita akan mengalami sakit yang sangat saat haid dan ketika berhubungan intim.

Sakit saat berhubungan

Pada saat haid, vagina menjadi lebih sensitif dari keadaan normal sehingga ia tidak siap menerima “serangan” bertubi-tubi dari Mr. P. Oleh sebab itu, jangan heran jika saat berhubungan wanita akan sangat kesakitan. Nah, masih yakin kalau berhubungan intim saat haid dapat mengurangi nyeri perut? Think again!

Sudden death

Kemungkinan paling fatal dari berhubungan intim saat haid adalah dapat membawa wanita mengalami sudden death atau kematian mendadak. Tahukah anda bahwa ketika penis melakukan gerakan penetrasi, dikhawatirkan ada gelembung atau emboli yang masuk dari dalam vagina. Apabila gelembung ini masuk ke dalam pembuluh darah, besar potensinya untuk menyumbat pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat berisiko membawa pada kematian mendadak.

Meski jawaban pertanyaan dari bolehkah berhubungan saat haid masih diperdebatkan, setelah membaca paragraf-paragraf di atas masihkah anda mengambil risiko? Jika suami meminta berhubungan badan saat haid, berilah pengertian. Pasangan yang baik adalah yang tidak akan menyakiti pasangannya.

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares
banner5nov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *