Belum Juga Hamil? Waspadai Monster Satu Ini!

Posted on

Barangkali kita sering mendengar cerita bahwa seorang wanita yang tahunan menikah tak juga hamil, setelah cuti bekerja, DIA HAMIL!!!

Kok Bisa?

Lingerie Online Murah Indonesia

Direktur Stress Disorder Services di New York Uniersity Medical Center menjelaskan bahwa stress benar-benar menurunkan tingkat kesuburan.

Stress Menyebabkah Wanita Susah Hamilkah

Bagaimana Stress Memicu Ketidaksuburan?

Beberapa orang mengira stress tidak berpengaruh pada tubuh. Padahal, kesehatan pikiran erat kaitannya dengan kesehatan fisik.

Stress ibaratnya monster yang harus diwaspadai setiap orang karena bisa merugikan diri sendiri. Nah, berikut penjelasan mengapa stress bisa menyebabkan wanita susah hamil.

Pertama, Menyebabkan ketidakseimbangan hormone sehingga haid tidak teratur. Ada yang waktu datang haidnya jadi lebih cepat, lebih lambat, ada juga yang menstruasinya jadi sedikit-sedikit tapi lebih lama.

Jadi jika ada yang bertanya, apakah stress bisa mempengaruhi menstruasi? Ya! Bisa!

Kedua, Gangguan pada saluran telur wanita (tuba fallopi).

Ketiga, Mengganggu proses implantasi/penempelan sel telur. Kehamilan terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sperma. Nah, setelah dibuahi, sel telur akan menempel pada rahim sehingga terjadilah kehamilan. Jika proses penempelan sel telur yang telah dibuahi ini terjanggu, maka kehamilanpun tidak terjadi.

 

4 Tips Mengatasi Stress

Stress tak hanya menyerang wanita bekerja. Ibu rumah tanggapun bisa stress. Suami yang suka marah-marah bisa bikin stress. Anak nakal hingga tagihan bulananpun bisa membuat pria maupun wanita pusing. Stress bisa menjangkiti siapapun.

Nah, bagi Anda yang bekerja, berhenti bekerja tak selalu jadi solusi. Jika berhenti bekerja kemudian keuangan keluarga terganggu, walah… malah bisa makin stress dong ya bukkk. Untuk itu bisa dicoba beberapa tips berikut.

  • Latihan Pernapasan

Olah nafas terlihat sepele. Tapi jika dilakukan dengan tepat, berdampak besar pada kesehatan emosi dan fisik. Salah satu cara mudahnya, berbaringlah di matras atau sofa. Pokoknya berbaring yang menurutmu nyaman. Letakkan salah satu tangan di perut, lalu ambil nafas dalam secara perlahan dan keluarkan juga secara perlahan.

  • Latihan Pikiran

Karena stress berasal dari masalah pikiran, cobalah bahagiakan pikiranmu. Caranya dengan meluangkan waktu beberapa menit, misalkan 5-10 menit untuk memikirkan hal-hal indah. Misalkan membayangkan nuansa santai di pegunungan, pantai, atau membayangkan hal-hal menyenangkan lainnya.

  • Bersantai & Bersenang-Senang

Jika sebelumnya tiap akhir pekan dihabiskan untuk bersih-bersih rumah dan segudang pekerjaan lain, sesekali manfaatkanlah waktu luang untuk bersenang-senang. Tugas rumah tidak akan benar-benar selesai. Lakukan saja semampunya. Buat kesepakatan dengan pasangan untuk bagi tugas rumah tangga.

  • Pergi ke Ahli

Jika dirasa stress sudah di tahap akut, pertolongan ahli mungkin bisa membantu. Orang sering perpikir bahwa mereka yang pergi ke psikolog adalah orang stress yang menjurus tidak waras. Hanya segelintir orang yang menyadari bahwa mereka sebenarnya butuh penanganan khusus para ahli. Coba “kenali” diri Anda, perlukah pergi ke psikolog?

Belum juga hamil? Coba pikirkan lagi apakah selama ini merasa stress atau tidak. Jika dirasa artikel ini membantu, jangan lupa pencet LIKE ya! Kalau ada teman, saudara, atau kerabat yang belum juga hamil, tak ada salahnya share artikel ini ke facebook mereka.

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares
banner5nov

2 thoughts on “Belum Juga Hamil? Waspadai Monster Satu Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *