8 Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan Agar Tetap Langsing dan Sehat

Posted on

Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan, WongWadon.Com – Nah, si kecil sudah di pelukan, berikutinya ada banyak hal yang harus dipikirkan antara lain;

Foto Gambar Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan agar Mulus KembaliBagaimana memenuhi kebutuhannya, begaimana menenangkannya saat rewel dan yang tidak kalah penting bagaimana membuang ekstra lemak di tubuh Bunda.

Lingerie Online Murah Indonesia

Menjadi langsing kembali tidak sulit asalkan memperhatikan apa yang Bunda makan dan tentunya berolahraga. Berikut ini tips aplikatif merawat tubuh agar langsing pasca melahirkan.

Tips Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan Agar Tetap Langsing

Jangan diet

Lho kok? Memang terdengat aneh. Tapi untuk ibu menyusui, hal ini penting. Ketimbang diet, Bunda lebih baik makan berbagai makanan yang menyehatkan dengan gizi seimbang.

Perhatikan juga snack yang Anda sediakan di rumah. Ganti semua keripik dengan cracker dari gandum, potongan apel segar atau wortel.

Camilan-camilan ini akan membuat Bunda tetap kenyang dengan cara yang sehat.

Perbanyak makanan dengan gizi super

Ikan termasuk sumber nutrisi yang baik. Selain baik untuk bayi, ikan juga rendah kalori sehingga ramah untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan.

Makanan super lain yaitu susu dan yogurt yang kaya akan kalsium untuk menguatkan tulang. Selain itu, konsumsi juga ayam, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan karena tinggi serat dan protein tapi rendah lemak.

Menyusui

Hingga kini menyusui dapat mengurangi berat badan memang masih diteliti. Tetapi selain baik untuk bayi, menyusui dapat membuat Anda kembali langsing lebih cepat dibanding ibu yang tidak menyusui bayinya secara eksklusif.

Menyusui juga dapat membuat Anda makan ekstra 300 kalori karena saat menyusui kalori berkurang sebanyak itu.

Minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih dalam jumlah banyak akan membuat perut kenyang sehingga Anda tidak akan makan banyak, juga mempercepat laju metabolisme.

Foto Gambar Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan agar Tidak GemukAnda dapat memeriksa apakah tubuh sudah cukup air putih atau belum dengan cara melihat warna urine.

Jika berwarna jernih, maka itu pertanda bahwa tubuh sudah cukup air dan bila keruh itu tandanya Anda perlu lebih banyak air putih. Jumlah air putih yang direkomendasikan adalah 8 gelas tiap hari.

Berolahraga

Memperhatikan makanan memang penting. Tapi, hal yang tidak kalah penting adalah berolahraga. Pasca melahirkan Anda tidak bisa sembarang memilih olahraga.

Cobalah senam aerobik dan berjalan. Anda dapat berolahraga bersama si kecil dengan hanya mendorongnya di kereta bayi. Paling tidak, Anda bisa melakukan ini sebanyak 150 menit perminggu.

Tidur cukup

Memang agak sulit untuk tidur 8 jam sehari seperti yang direkomendasikan. Sewaktu-waktu bayi Anda bisa saja terbangun dan rewel bahkan mengajak begadang. Untuk mengantisipasi Bunda kurang tidur, cobalah tidur waktu bayi Anda tidur.

Cukup tidur akan menekan produksi hormon cortisol dan hormon stres lainnya. Stres dapat membuat berat badan Anda naik kembali.

Berkonsultasi

Jika Anda sudah pusing bangaimana cara menurunkan berat badan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk menyarankan pola makan yang baik.

Dokter juga akan memberitahu Anda berapa berat badan yang harus dihilangkan dan olahraga macam apa yang cocok.

Baca Juga: Rahasia Perawatan Wajah Setelah Melahirkan

Kapan Bisa Kembali Langsing Setelah Melahirkan?

Anda mungkin sudah tidak tahan ingin segera langsing. Tetapi, Anda harus ingat bahwa kembali langsing pasca melahirkan merupakan hal yang cukup sulit. Sulit bukan berarti tidak mungkin.

Tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk kembali siap seperti semula. Oleh karena itu, Anda harus bersabar untuk kembali ke bentuk badan semula.

Dengan mengatur pola makan, berolahraga dan tetap bahagia bersama si kecil merupakan cara merawat badan setelah melahirkan agar tetap langsing.


referensi: babycentre, webmd

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares
banner5nov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *