Agar Anak Tidak Ngompol Di Malam Hari

banner5nov

Agar Anak Tidak Ngompol, WongWadon.Com – Bagi Anda yang memiliki buah hati yang sudah cukup usia, mengompol merupakan hal yang menjengkelkan.

Mengompol di malam hari dialami oleh sebagian besar anak di bawah 5 tahun. Jadi, ini bukan menjadi masalah Anda seorang.

Gambar Foto Agar Anak Tidak Ngompol Waktu TidurSatu hal yang perlu Anda pahami adalah mengompol bukanlah salah buah hati sehingga tidak seharusnya Anda menyalahkan atau mengolok-oloknya.

Sangat mungkin ia juga merasa bersalah akan kebiasaan buruknya itu. Akan lebih baik jika Anda memberinya semangat dan membantunya agar tidak lagi mengompol.

Tips Agar Anak Tidak Ngompol Lagi

Sebenarnya ada banyak sebab mengapa anak masih mengompol meskipun sudah bukan bayi lagi.

Beberapa di antaranya karena penyakit tertentu, fisik anak yang belum mampu mengendalikan organ-organnya, faktor keturunan, tidak berani menyampaikan keinginan ingin ke belakang dan masih banyak lagi.

Ada beberapa tips untuk Anda agar anak mengurangi kebiasaan ini atau bahkan menghilangkannya sama sekali:

Jangan marah

Mungkin Anda jengkel karena seprei dan kasur basah setiap malam. Tapi ingat bahwa itu bukan salah si kecil sehingga Anda tidak boleh memarahinya. Kemarahan Anda hanya akan memperburuk perasaannya.

Hindari minum banyak mendekati jam tidur

Satu atau dua jam menjelang tidur, usahakan agar si kecil tidak minum banyak air terutama yang mengandung kafein atau susu cokelat.

Selain itu, minuman dingin juga sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang tidur. Es akan menambah volume cairan urin.

Buat alarm

Anda bisa mencoba alarm khusus yang dihubungkan dengan popok atau tempat tidur. Jadi sewaktu ada cairan sedikit saja, anak akan langsung bangun.

Bangun kebiasaan ke belakang sebelum tidur

Cara konvensional ini cukup manjur mengatasi anak mengompol. Ajak anak ke toilet dan buang air kecil sebelum beranjak ke tempat tidur.

Atau jika memungkinkan bangunkan anak saat ia tidur dan ajak ke belakang pada jam-jam tertentu.

Latihan

Anda bisa melatih anak untuk menjaga popoknya kering sepanjang malam.

Saat ia berhasil, Anda bisa memberikannya reward berupa stiker khusus yang ditempel di kalender. Saat ia dapat melewati satu minggu tanpa ngompol, ia berhak memperoleh hadiah.Gambar Foto Agar Anak Tidak Ngompol setiap Hari

Ulangi latihan

Jika latihan ini belum berhasil, beri jeda dan ulangi kembali latihan ini.

Kalau dalam 2 minggu beruturut-turut popoknya tetap kering sepanjang malam, berarti latihan ini berhasil dan anak siap melepas popok sama sekali.

Perhatikan kondisi toilet

Terkadang anak malas menggunakan toilet karena letaknya yang jauh, gelap dan anak kesulitan menggunakan bentuk toilet tertentu.

Oleh karena itu, pastikan toilet rumah Anda dekat dengan kamar anak, terang, dan memiliki bantalan kaki agar anak bisa menggunakannya dengan mudah.

Bersabar

Melatih potty training pada anak bukanlah pekerjaan mudah.

Anda mungkin butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk mengajarkannya. Dibutuhkan stok kesabaran dan konsistensi yang tinggi agar anak dapat mandiri.

Agar Anak Tidak Ngompol – Tips Khusus Tempat Tidur Anak Yang Masih Mengompol

Untuk lebih meringankan beban Anda dalam membersihkan tempat tidur anak, ada baiknya Anda menggunakan perlak khusus di bawah seprei agar cairan tidak menembus kasur atau spring bed.

Selain itu, juga disarankan untuk memilih seprei anti air agar cairan tertahan.

Dekatkan baju kering dan popok baru di dekat tempat tidur agar mudah dijangkau. Anda bisa mengajari anak untuk segera bangun dan mengganti baju agar tidak tidur dalam keadaan basah.

Atau paling tidak untuk membangunkan Anda jika ia masih terlalu kecil untuk melakukannya. Semoga tips agar anak tidak ngompol ini bermanfaat.


 

Suka tulisan ini?
Silahkan tekan "Like!".

Follow juga di Twitter !
Lingerie Online Murah Indonesia